Kepala Perum Bulog Sumut Pastikan Stok Beras Menjelang Lebaran Aman Terkendali -->

Kepala Perum Bulog Sumut Pastikan Stok Beras Menjelang Lebaran Aman Terkendali

Jumat, 03 Maret 2023, Jumat, Maret 03, 2023


Medan, Jayapost.com
- Kepala Perum Bulog Kanwil Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Arif Mandu menyatakan ketersediaan bahan makanan pokok dalam menghadapi menjelang lebaran akan aman.


Hal itu dikatakannya dalam acara silaturahmi wartawan di Kafe Haji Muhidin Jalan Gatot Subroto kM 5,5 Medan, Kamis (2/3/23).


“Khusus stok Beras ,Gula dan minyak goreng sangat aman hingga menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri .Dan di harap kan kepada masyarakat tidak perlu khawatir .Stok sembako 22.000 ton ,dan gula pasir sekitar 1000 ton ,dan stok gula pasir akan di tambah dan sedang dalam proses” ungkap Arif Mandu.


Dikatakannya, Perum Bulog memiliki Izin Impor dan jadwal dari Dispora yang mengkoordinir, karena peserta pasarnya Bulog salah satu peserta yang mengatur ketersediaan stok pangan di hari lebaran dan Natal, harga melonjak Bulog terdiri dari Minyak goreng kita itu hand-nya 14.000, kemudian operasi pasar pada beras itu 9.950, gula 13.500.


“Kami harap para pedagang agar mematuhi aturan -aturan dan meminta masyarakat untuk berbelanja normal saja. Permintaan semakin tinggi, Kalau barang dengan stoknya terbatas dan hal itu  biasanya mendorong harga naik tapi kalau stoknya cukup ya permintaan juga agak meningkat” jelas Arif.


Adapun pasar terdekat yang bisa beroperasi, baik itu di hari-hari besar keagamaan maka pemasaran  tidak  jalankan, tapi khususnya beras ini di samping kita dapat melontar SPHT stabilisasi mulai panen termasuk di Sumatera Utara


Dijelaskannya, stok ketersediaan beras di Aceh juga mulai panen dan dengan semakin banyaknya hasil panen beras yang melimpah yang artinya secara hukum pasarnya  harga juga akan stabil


“Saya kira kebutuhan 2 sampai 3 hari, jangan beli langsung 3 bulan kebutuhan, stok untuk satu bulan boleh beli untuk kebutuhan 3 bulan” kata Arif.


Penulis : Irpan
Editor : Redaksi

Berita Terkini

TerPopuler