17 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka Dalam Sengketa Lagan Di Karo -->

17 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka Dalam Sengketa Lagan Di Karo

Selasa, 24 Mei 2022, Selasa, Mei 24, 2022

Paparan Polda Sumut Kasus Sengketa Lahan Di Karo (foto:Istimewa)

Medan, JAYAPOST.COM
- Sengketa lahan ditanah karo berakhir bentrok menyebabkan masyarakat luka  luka.Dua pihak yang bertikai saling klaim mengakui berhak atas lahan tanah tersebut di puncak 2000 siosar Desa Suka Maju,Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Tanah Karo.


Dalam konferensi pers diaula Tri Brata Polda Sumut, ditetapkan 17 orang menjadi tersangka dari kedua belah pihak yang bertikai, Senin (23/5/2022) sekira pukul 20.00 Wib


Kapolres Tanah Karo AKBP. Ronny Nicolas Sidabutar SH.SIK menjelaskan tentang penanganan konflik yang terjadi antara PT.Bibit Unggul Karobiotik (BUK) dan Masyarakat.


“Kami sudah menetapkan tersangka dari kedua belah pihak yang bertikai 17 orang.Dari 17 tersangka 16 orang dari pihak PT.BUK dan 1 orang pihak masyarakat”,ungkapnya.


Lanjudnya,konflik kedua belah pihak terjadi puncak nya,Selasa (17/05/2022) lalu dipicu,pihak PT.BUK mendatangkan alat berat kelahan sengketa.


“Warga yang tidak senang dengan alat berat tersebut melakukan penghadangan,akibatnya terjadi bentrok.pertikain menyebabkan kerugian matrial 12 sepeda motor dibakar,1 mobil milik masyarakat turut jadi korban dan 1 warung milik warga menjadi korban pengrusakan”,kata Ronny.


Konfrensi Pers Di Polda Sumut

Menambahkan,pertikaian dalam bentrok tersebut jatuh korban luka – luka 3 orang dari masyarakat dan 1 orang dari pihak PT BUK.


“Tanah yang disengketakan,ada dua bagian masing – masing pihak mempunyai alas hak tanah tersebut.PT BUK mengklaim punya surat HGU atas tanah 98.5 hektar dan surat atas tanah yang lain masih ada disekitar HGU tersebut”,tutupnya.


Disisi lain masyarakat juga melakukan klaim bahwa tanah yang dikuasai PT BUK merupakan tanah ullayat dan sebagian masuk kawasan hutan.


Kapolres Tanah Karo bersama Forkopimda,BPN,TNI dan Polri akan memanggil kembali kedua belah pihak yang bertikai untuk duduk bersama kembali menyelesaikan konflik tersebut.


Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK.MH juga turut menyampaikan  mulai tahun 2020 hingga saat ini ada 12 pengaduan yang masuk Kepolres Tanah Karo.


“Memang semenjak tahun 2020 sampai saat ini ada 12 laporan yang masuk kekepolisian dan semua akan diproses secara bertahap”,kata Kombes pol Tatan Dirsan  admja, Sik .MH, 


Tatan menambahkan,untuk sementara lahan sengketa dalam status Quo dan diberi garis pembatas.


“Kita berharap kedua belah pihak menahan diri dan biarkan proses hukum perdata menentukan keabsahan klaim kepemilikan atas tanah tersebut”,tutup Tatan.


Konferensi pers ditutup oleh Kabid Humas Kombes Pol. Hadi Wahyudi SIK menuturkan supaya kita semua bersabar dan berharap konflik segera berakhir. (JP - Irpan)

Berita Terkini

TerPopuler